Mini Cart

  • No products in the cart.

Mau melamar gadis Jawa? Ini nih “printilan” seserahan yang harus kamu siapkan!

In Story

Pernikahan merupakan momen yang sakral, oleh karena itu proses menuju pernikahan juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan secara matang. Ada tradisi yang perlu dijalankan, apalagi gadis yang mau kamu persunting adalah keturunan Jawa tulen. Sebelum melangkah menuju jenjang yang lebih serius, orang Jawa memiliki tradisi lamaran. Prosesi lamaran adalah tahap dimana keluarga laki-laki bermaksud “meminta” dan mempersunting wanita pilihannya dari pihak keluarga wanita.

Nah, untuk melamar, ada beberapa barang-barang penting yang perlu disediakan dan diberikan kepada sang wanita. Barang-barang tersebut lebih dikenal dengan peningset atau hantaran yang merupakan simbol pengikat agar wanita yang ingin kamu nikahan tidak “dicuri” oleh pria lain dan menjadi tanda si pria sanggup menafkahi calon istrinya.

Lalu, barang-barang apa saja yang wajib dijadikan seserahan saat kamu ingin melamar sang pujaan hati? Yuk simak infonya!

  • Perhiasan

Satu set perhiasan seperti cincin, kalung, gelang dan anting-anting perlu kamu sediakan. Akan tetapi, seserahan ini dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki, misalnya kamu dapat memberikan cincin saja sebagai tanda pengikat bahwa calon istri kamu sudah ada yang punya.

(source: pexels.com)

  • Alat make up & skincare

Pada saat seserahan, calon mempelai pria wajib membawa seperangkat alat make up & skincare seperti lipstik, pensil alis, bedak dan perlengkapan make up lainnya untuk calon istri. Perlengkapan alat make up tambahan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan make-up calon istri kamu.

(source: pexels.com)

  • Kain batik

Memberikan batik saat lamaran sudah melekat dengan adat budaya Jawa sejak zaman dahulu. Kain batik dengan motif floral dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk seserahan kamu karena memiliki simbol keanggunan dan kecantikan. Cek kain batik wanita terbaik untuk dijadikan seserahan saat acara lamaran di wirawanbatik.com.

  • Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi tidak kalah pentingnya untuk dipersiapkan untuk acara lamaran kamu nantinya. Perlengkapan tersebut seperti shampoo, sabun, handuk, sikat gigi, handuk dan perlengkapan-perlengkapan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pujaan hati kamu.

  • Pakaian dan aksesoris

Salah satu peningset yang tidak boleh terlupakan. Pakaian yang dimaksud adalah pakaian sehari-hari yang biasanya dipakai oleh calon istri kamu dan juga aksesoris-aksesoris penunjang lainnya seperti sepatu, pakaian dalam, tas, gaun, jam tangan dan lainnya.

Seserahan | Simple Kitch | Bridestory(source: bridestory)

  • Pisang raja

Menurut filosofi orang Jawa sejak dulu, pisang raja merupakan simbol kesuburan. Peningset ini dimaksudkan agar sang calon mempelai cepat diberikan keturunan setelah menikah.

Fungsi Pisang Raja untuk Lamaran dan Pernikahan - Njajan.com(source: njajan.com)

  • Makanan tradisional

Makanan-makanan tradisional yang dapat dibawa adalah yang biasanya terbuat dari beras ketan seperti lemper, jadah, kue lapis. Makna yang terkandung dalam jajanan pasar berbahan dasar ketan adalah agar calon mempelai akan selalu lengket & mesra dan hubungan silaturahmi antara kedua belah pihak keluarga besar akan selalu terjaga.

(source: Instagram)

Itulah beberapa hantaran seserahan yang perlu kamu siapkan untuk melamar wanita pujaanmu nih. Nah, siapkan yuk mulai dari sekarang!