Mini Cart

  • No products in the cart.

Mengenal 10 Motif Batik Cirebon

In Story

Ada sekitar 10 motif batik Cirebon yang bisa anda temukan di artikel ini. Nah jika anda pecinta batik tentu anda penasaran dengan corak batik yang banyak digunakan, seperti Batik Cirebon dan batik tulis lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia. Semua motif batik Cirebon juga mempunyai ciri khas yang membedakan antara motif lainnya.

Motif batik Mega Mendung

Mega Mendung adalah ikon batik dari Cirebon yang identik dengan gambar awan dengan bentuk segitiga, lancip, dan lonjong. Anda bisa langsung tahu motif ini karena memang anda sering menemukannya. Warna yang dihasilkan juga bermacam-macam sesuai dengan selera.

Motif batik Singa Barong

Motif satu ini mempunyai beberapa unsur yang terkandung. Seperti gunung, tanaman, pohon dan ornamen alam lainnya. Motif satu ini memang lebih banyak menggunakan unsur alam dan sekitarnya sehingga corak dan motifnya sangat tergambar jelas.

Motif batik Pasinaga Liman

Motif batik satu ini menggunakan ornamen kereta kencana naga liman yang ada di sejarah Cirebob. Gambaran motif tersebut merupakan gabungan dari tiga bentuk binatang uaotu liman, garuda, dan ular. Batik ini mempunyai warna dasar putih dengan motif coklat.

Motif batik Patran Keris

Motif batik ini merupakan motif batik yang sangat klasik. Tidak menggunakan banyak ornament tambahan lainnya. Motifnya hampir mirip dengan kebanyakan motif lainnya dengan corak warna hitam dan coklat.

Motif batik Naga Silam

Motif ini menggunakan ornamen naga silam dan biasanya dikombinasikan dengan motif batik mega mendung. Meskipun naga bukan berasal dari Cirebon namun gambar ini menggambarkan kekuatan untuk melawan kejahatan.

Motif batik kompeni

Unsur utama yang ada di batik ini adalah ornamen yang berhubungan dengan flora dan fauna. Ada pula yang menambahkan simbol tertentu dan masih berkaitan dengan kota Cirebon. Ornamen menggambarkan tentang cerita kejamnya penjajahan VOC pada masyarakat Cirebon.

Motif batik taman teratai

Motif ini merupakan salah satu dari 10 motif batik Cirebon yang indah. Teratai adalah bunga yang tumbuh di air dan sangat indah. Gambaran bunga teratai diibaratkan seperti Kota Cirebon yang mempunyai keindahan dengan banyaknya bunga yang tumbuh di sepanjang wilayah.

Motif batik Sawat Pengantin

Motif ini bisa diartikan sebagai sayap atau lar. Motif satu ini adalah salah satu motif khas yang banyak dipakai untuk pasangan penganting yang akan melakukan pernikahan. Filosofinya untuk melindungi pengguna untuk kehidupan yang dijalani selanjutnya.

Motif batik Wedasan

Motif yang menonjol adalah gambaran tentang ranting, daun, dan unsur lainnya yang terkait dengan unsur alam. Motif ini memiliki latar putih atau coklat dengan nuansa keraton.

Motif batik Singa Barong

Singa barong dahulunya adalah kendaraan khusus keraton. Kereta singo barong ditarik empat kerbau yang kuat dan hanya boleh ditumpangi oleh Sultan. Semoga informasi tentang 10 motif batik Cirebon bisa menambah wawasan anda.