Mini Cart

  • No products in the cart.

Kenali Motif Jenis Batik Mega Mendung

In Story

Salah satu kota yang ada di Indonesia selain Kota Pekalongan yang sudah terkenal dengan batiknya adalah batik Cirebon dengan ragam jenis batik mega mendung. Kota ini mempunyai batik khas yang disebut dengan batik Mega Mendung. Ciri khas yang bisa anda temukan dari batik tulis satu ini adalah motif awan yang membalut batik dengan indah.

Selain pola khasnya yang berbentuk awan, motif mega mendung juga mempunyai warna cerah identik dengan batik pantura yang selalu memberikan kesan ceria. Hal ini berbeda dengan batik Jogja dan Solo yang biasanya lebih banyak menggunakan warna coklat.

Motif Mega Mendung Klasik

Motif klasik memang banyak anda jumpai pada batik mega mendung yaitu motif awan sejajar dengan jumlah lebih dari satu dan latar belakang hitam. Warna motif klasik didominasi dengan warna biru dan merah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, para pembatik mulai menggunakan warna lainnya.

Motif kupu-kupu

Beda halnya dengan motif klasik, motif jenis mega mendung satu ini lebih menampilkan kombinasi motif lain. Salah satunya adalah kombinasi dengan motif kupu-kupu pada bagian tengah awan khas mega mendung. Tambahan motif ini bisa memberikan warna indah.

Kombinasi dengan motif batik kawung

Kombinasi lain yang bisa anda temukan di batik mega mendung modern adalah adanya kombinasi dengan batik motif kawung. Batik kawung adalah motif khas batik Solo dan Yogyakarta.

Motif ragam warna

Latar belakang motif batik warna hitam bisa dibuat dengan menggabungkan warna lain yang senada namun masih selaras dengan motif mega mendung. Seperti warna orange atau merah bisa menjadi lata belakang warna yang cantik.

Motif dengan warna ungu dan kupu-kupu

Motif kupu-kupu bisa dipakai sebagai pelengkap mega mendung dengan variasi bentuk menariknya. Salah satu variasi yang dapat anda pakai adalah bentuk sketsa kupu-kupu yang indah. Warna ungu sangat cocok dikombinasikan dengan warna kupu-kupu putih polos. Jenis batik mega mendung ini memang lebih modern.

Motif bunga teratai

Selain kombinasi dengan motif hewan, motif mega mendung dapat pula digabungkan dengan motif tumbuhan seperti bunga teratai. Motif satu ini lebih menonjolkan kombinasi mega mendung dengan adanya motif bunga teratai dan pilin. Biasanya menggunakan warna-warna cerah untuk memperindah gambar keseluruhan.

Motif lingkaran

Variasi motif mega mendung juga tak sebatas kombinasinya dengan motif lain, melainkan bisa juga dilihat dari bentuknya. Bentuk mega mendung sekarang ini memanglah sangat beragam, seperti motif mega mendung yang ada di dalam lingkaran. Hal ini membuat batik tersebut lebih unik dan indah.

Motif Naga

Naga mempunyai mitos dan legenda yang bisa dikombinasikan dengan motif mega mendung dengan sangat baik. Menurut kepercayaan Tionghoa, naga adalah lambang keberuntungan. Semoga informasi kali ini bisa menjawab pertanyaan anda tentang jenis batik mega mendung.